Cara Mensetting Router Dengan Winbox

Senin, 27 Februari 2017

Cara Mensetting Router Dengan Winbox


Cara Mensetting Router 3 Jaringan Dengan Winbox

        Kali ini saya akan membahas tentang mensetting router 3 jaringan dengan winbox.Biasanya ini dilakukan untuk memenuhi tugas tentang jaringan atau murid smk yang belajar jaringan.Kita langsung mulai saja...
Langkah Pertama

Buka aplikasi winbox,yang saya gunakan adalah winbox versi 6.29.,lalu akan muncul gambar.
Pada settingan default,router akan menggunakan ip seperti di atas.

Langkah Kedua
Setelah itu kita harus mensetting ip laptop/pc kita dengan ip.Caranya buka network sharing centre yang ada di laptop/pc kita.
\
Lalu klik Ethernet,akan muncul seperti ini ( Dimulai dari yang paling kiri )
Pertama klik properties,lalu klik Internet Protocol Version 4,klik lagi properties.Pada gambar ketiga pilih Use the following IP Address.Isi pada IP Address 192.16.88.2,Subnet Mask nya 255.255.255.0,dan default gateway nya harus sama pada settingan default router yaitu 192.168.88.1.Mengapa default gatewaynya harus sama,agar bisa masuk ke winbox.
Langkah Ketiga
Masuk lagi ke winbox lalu klik connect,akan muncul gambar
Itu adalah gambar awal masuk winbox.
Klik lagi pada quick set
Klik lagi pada IP,Address
 Lalu akan muncul


Itu adalah default gateway pada pc 1,lau kita akan ganti caranya klik dua kali pada ip di atas,akan muncul
Lalu kita isi Addressnya dengan 192.168.0.1/24,kita menggunakan angka 24 berarti subnet masknya 255.255.255.0.Isi network dengan 192.168.0.0 bisa menggunakan yang lain itu hanya contoh.Lalu interfacenya gunakan yang eather2-master-local,ini untuk master/host/server yang akan mensetting router.Lalu klik apply dan oke.
Jangan kaget apabila router disconnected itu berarti winbox sedang mensetting ulang router.Lalu kita ganti lagi ip kita dengan ip yang tadi di isi tetapi dengan default gateway 192.168.0.1 dan ip 192.168.0.2 subnet masknya tetap sama.

Langkah Keempat
Masuk lagi ke winbox dengan mengisi IP 192.168.0.1..itu adalah ip/gateway yang di isi pada winbox.Lalu akan masuk lagi ke tampilan yang awal.Pada langkah ini kita akan mencoba menambah client dengan cara mengklik  IP,Address seperti yang awal.
Dan akan muncul settingan gateway,tetapi kita akan mengklik Add..itu akan menambah client lalu kita isi seperti di bawah ini.

Langkah ini sama dengan yang sebelumnya hanya saja kita akan merubah gateway untuk client 1..kita pilih interface nya eather 3 karena untuk client.lalu klik apply dan oke.
Lakukan juga pada client kedua

Sama kan,pilih interface nya eather 4.Dan klik apply dan oke

Langka Kelima
Setelah semuanya di setting,coba melakukan test ping..karena saya menggunakan operating system windows jadi saya menggunaka command prompt untuk melakukan pingnya.Caranya

Ketik ‘ping’lalu ketik ip address yang client 1 jika me-Reply seperti di atas berarti host dengan client 1 terhubung..tetapi jika keluar tulisan request time out atau biasa disebut rto berarti host dengan client belum terhubung.
Lakukan ini pada semua client.


Pada gambar di bawah ini..itu adalah melakukan test ping pada laptop/pc kita sendiri

Nah sekian penjelasan tentang menghubungkan 3 jaringan menggunakan router via winbox.Jika kurang lengkap dapat melihat referensi dari blog lain.Mohon maaf bila ada kesalahan atau kesamaan dengan blog lain.Semoga bermanfaat untuk kehidupan anda.Terima kasih.



0 komentar :

Posting Komentar