Rancang Bangun Jaringan Menggunakan Switch

Kamis, 24 Agustus 2017

Rancang Bangun Jaringan Menggunakan Switch


Rancang Bangun Jaringan Menggunakan Switch
       Kali ini kita akan mencoba membangun sebuah jaringan menggunakan switch,kenapa switch? karena switch merupakan perangkat dari produk cisco yang sering di pakai perusahaan perusahaan saat ini.Tidak heran switich adalah salah satu produk yang paling diandalkan karena peforma nya lebih daripada HUB,kenapa lebih baik daripada HUB? yuk kita liat aja seperti di bawah ini

Pengertian Switch
            Switch adalah suatu jenis komponen jaringan komputer yang digunakan untuk menghubungkan beberapa HUB dalam membentuk jaringan komputer yang lebih besar atau menghubungkan komputer-komputer yang memiliki kebutuhan akan bandwidth yang cukup besar.Beberapa fungsi switch yaitu sebagai manajemen lalu lintas yang terdapat pada suatu jaringan komputer, switch bertugas bagaimana cara mengirimkan paket data untuk sampai ke tujuan dengan perangkat yang tepat, Switch juga bertugas untuk mencari jalur yang paling baik dan optimal serta memastikan pengiriman paket data yang efisien ketujuannya.
Cara Kerja Switch
Switch merupakan hardware (perangkat keras) jaringan komputer yang sama dengan HUB, perbedaanya switch ini lebih pintar walaupun harganya sedikit lebih mahalan ketibang HUB. Cara kerja switch yaitu dengan cara menerima paket data pada suatu port lalu akan melihat MAC (Media Access Control) tujuannya dan membangun sebuah koneksi logika dengan port yang sudah terhubung dengan node atau perangkat tujuan, sehingga selain port yang dituju tidak dapat menerima paket data yang dikirimkan dan akan mengurangi terjadinya tabrakan data atau disebut dengan collision. Setiap perangkat yang terhubung ke port tertentu, MAC addsernya akan dicatat di MAC address table yang nantinya disimpan pada memori chache switch, itulah bagaimana switch bekerja.  


Kelebihan Switch
·        Switch dapat memeriksa dan menganalisa paket-paket data yang diterima sebelum diteruskan ke alamat tujuan.
·        Switch dapat menentukan alamat tujuan dari sumber paket data.
·        Switch dapat meneruskan paket data dengan cepat dan tepat.
Perbedaan Switch Dengan Perangkat Lain ( HUB )
            Switch disebut juga hub yang pintar dimana kerja switch tidak hanya mengirim atau menerima sinyal,tetapi memeroses informasi pada layer data-link.Informasi yang di cek berupa mac address dari setiap komputer dan setiap perangkat yang tersambung.Switch menggunakan sistem seleksi terhadap semua perangkat yang tersambung dengan dirinya,yang diseleksi oleh switch berupa mac address dari komputer/perangkat.Jaringan yang terhubung karena switch menyeleksi terlebih dahulu mac address.Mana yang menjadi tujuan,maka hal ini membuatnya mengirimkan data lebih cepat tidak seperti HUB yang menerima sinyal secara menyebar,tidak peduli perangkat yang mana yang mejadi tujuan data tsb.
Praktek Switch Melalui Aplikasi Cisco Packet Tracer
  1.                     Siapkan 1 unit pc/laptop yang sudah terisntal aplikasi cisco packet tracer.
  2.                   Lalu buka aplikasinya.
  3.               Setelah dibuka,kita akan melihat beberapa perangkat jaringan misal : HUB,Switch                     Router.
  4.               Pertama,Masukan Switch lalu simpan di tengah tengah

  1. 5     Lalu Masukan 5 unit PC Karena akan mencoba membuat Jaringan Topologi Jaringan.

f)       Sambungkan PC 0 – PC 4 menggunakan kabel straight,kita menggunakan kabel straight Karena untuk menghubungkan 2 perangkat yang berbeda.

g)     Setelah diatur sedemikian rupa,kami tak lupa untuk menkonfigurasi IP masing-masing PC dari PC 1 – PC 4.Kami Mengkonfigurasi IP PC 0 “192.168.0.1”.

Lakukan hal yang sama terhadap PC 1 – PC 4.Contoh IP PC 1 “192.168.0.2” kita harus menggunakan jenis IP yang sama,yang berbeda hanya no belakangnya,Karena itu merupakan no client.Kalau jenis IP yang berbeda maka switch tidak akan berfungsi,akan terjadi tabrakan ip.Karena switch hanya akan membaca bila menggunakan jenis IP yang sama.
h)     Setelah itu,kita cek apakah masing-masing PC sudah terhubung caranya kita masuk “CMD” yang disediakan ketika mengklik pc yang ada di aplikasi cisco,lalu kita coba ping.Kita mencoba ping dari PC 0 – PC 4dan ternyata berhasil terhubung.Indikator berhasil terhubung bila setelah men-enterkan “Ping 192.168.0.5” akan muncul  “reply from…..” apabila ketika di enterkan muncul “Request time out” berarti pc belum terhubung.
i)       Setelah masing-masing pc terhubung,kami mencoba mengirim pesan dari PC 1 – PC 4,caranya adalah dengan mengklik gambar pesan yang ada disebelah kanan aplikasi,lalu klik pc 1 dan pc 4 lalu klik “Auto Capture” jelasnya bias melihat gambar di bawah ini.
Dan ternyata berhasil PC 4 menerima pesan dari PC 1.Lihat gambar di bawah ini
Disini kami melihat fungsi switch yaitu menyeleksi fungsi mac address,setelah pesan di broadcast semua pc,yang menjadi tujuan adalah PC 4.Otomatis PC 2,PC 3 dan PC 0 akan menolak.Ketika PC 4 feedback ke PC 1 maka secara otomatis pesan akan langsung menuju tujuan yaitu PC 1 tidak seperti HUB yang ketika feedback akan menbroadcast lagi.
j)       Kami sedikit memodifikasi topologi star tadi dengan menambahkan sebuah access point untuk 2 buah laptop.
k)     Lalu hubungkan access point dengan switch menggunakan kabel straight.
l)       Konfigurasi IP laptop dan modules laptop
otomatis laptop akan terhubung ke access point
m)  Kami mencoba mengecek dengan  “Ping “ Laptop 0 ke Laptop 1 ternyata muncul bacaan “Reply from….” Berarti laptop 0 dan Laptop 1 sudah saling terhubung.
n)     Lalu kami mencoba mengirim pesan dari PC 3 ke Laptop 0,switch membroadcast pesan dan pesan diterima access point.Kenapa Access Point ? Karena tugas berada pada pernagkat yang terhubung ke access point.Sesudah diterima di access point,lalu pesan itu di broadcast kembali oleh access point dan pesan diterima oleh Laptop 0.
Seperti tadi,ketika Laptop 0 feedback ke PC 3 maka pesan akan langsung ke tujuan.Sehingga mengirimkan pesan/data lebih cepat.

Pembahasan : Ketika kami mencoba mengirim pesan dari PC 3 ke Laptop 0    dengan menggunakan topologi star yang di modifikasi dengan menambah access point.Pesan dari PC 3 disalurkan terlebih dahulu ke switch,lalu switch menyebarkan/mem-broadcast ke semua PC dan AP.Namun ada pesan ditolak oleh semua pc yang bukan tujuan.Tetapi pesan diterima access point.Access point mem-broadcast lagi pesan dan pesan diterima oleh laptop 0,ketika laptop 0 melakukan feedback pesan langsung di broadcast ke tujuan yaitu PC 3,tidak sama halnya dengan HUB yang ketika melakukan feedback,HUB mem-broadcast lagi pesan,sehingga membutuhkan waktu yang agak lama.

Kesimpulan : Switch adalah suatu media/layanan yang digunakan untuk mengirim data/informasi yang cara kerjanya membroadcast-kan data/informasi ke PC yang terhubung dan ketika melakukan feedback switch langsung menyalurkan feedback itu langsung ke tujuan,tidak membroadcast lagi,sehingga mengirim/menerima data akan lebih cepat.

                     https://www.levatra.com


0 komentar :

Posting Komentar